Resume Gel 4.2 Mengelola atau Menulis Blog

 

Belajar Menulis Gelombang 4

Pertemuan 2    :  Rabu, 4 Maret 2020

Waktu             : Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Pemateri          :  Dedi Dwitagama

Topik               :  Mengelola atau Menulis Blog

Peresume         :  Syafrina, s.Pd.SD (https://bugurusyafrina.blogger.com)

            Materi yang didiskusikan semalam terpaksa hanya disimak karena jaringan yang sangat kurang. Setiap sore Hp selalu mangkal di atas lemari dan dibuka setelah ada pesan masuk. Itupun yang bisa dibuka hanya WhatsApp, sedangkan untuk facebook, instagram dll tidak bisa. Saya mohon kepada pemerintah dan unsur terkait agar memperluas jaringa ke seluruh wilayah Indonesia khususnya di Kabupaten Solok, Sumater Barat.

            Membuat status di blok sebenarnya tidak terlalu sulit. Kalau mau yang gampang nggak bikin was-was, satiap anda kuliner makan apa saja di mana saja atau jalan-jalan sendiri dan bareng keluarga posting saja foto-foto dan sedikit penjelasannya di blog. Aman deh. Paling orang-orang dirimu pamer makan-makan terus. Kalau blog kita ya nggak apa-apa. Cuekin saja. Lha wong punya kita ya suka-suka kita dong.

Jika tidak sedang ada ide, baca saja blog orang lain di kompasiana, wordpress, dan lain-lain. Lakukan ATM (amati, tiru dan modifikasi) jadilah satu tulisan baru, ala kita sendiri.

Jika ide yang muncul atau ada keperluan posting bahan ajar,kita bisa lakukan saja menurut mood waktu itu, saat pelajaran sudah selesai dan  sedang liburan, saat happy lihat tumbuhan di rumah yang buahnya lebat, foto dan posting saja

Posting tentang sekolah dengan foto sekolah anda dari berbagai sudut pandang plus cerita-cerita bagus yang pernah ada,  supaya bisa dibaca oang lain dan dikenang lama, atau pohon yang berbuah lebat. Pasti akan lebih menyenangkan

Cerita lucu teman kita juga bisa ditulis dengan mengganti nama-nama yang terlibat, biar dibaca oleh anak-anak muda aktifis stand up komedi untuk bahan open mic or manggung dimana-mana, mereka dapat rezeki, kita dapat pahala kebaikan.

Atau tentang penyakit yang sering dianggap remeh dan cara mengatasinya.

Bayangkan bahwa yang baca tulisan kita itu berbagai latar belakang, jadi kita akan berusaha menulis dengan cara yang mudah dimengerti oleh siapa saja, lewat pembiasaan itu akan jadi mudah, mengalir begitu saja.

Pak Dedi menganalogikan facebook itu seperti mall besar yang banyak dikunjungi orang, dan ketika mau mencari sesuatu seseorang harus masuk ke toko satu persatu, sementara blog itu sendiri seperti toko kita sendiri yang kita antar langsung ke pembaca lewat HP atau laptop. Dan pembaca langsung masuk ke toko kita tanpa melirik ke toko lain, dicopy saja tulisan di facebook, sertakan photo lau upload di blog sehingga ada dua tulisan dalam satu ide. Bisa disimak oleh makin banyak orang.

Marilah kita selalu menulis, karena menulis lebih baik daripada ghibah dan dapat neraka. Menulis di  blog bisa membuat kita dapat tiket dan kamar hotel keliling Indonesia dan beberapa Negara di dunia. Amiin.

Sekolah harus dipamerkan kalau tidak ingin tenggelam ditelan masa. Perbanyak menulis tentang sekolah anda, jika ada khabar tak baik dikhabarkan  media terjadi di sekolah anda, berita buruk itu akan tenggelam oleh ratusan berita baik ynag sudah anda buat, jika dalam sehari kita posting satu khabar baik sekolah anda maka setahun akan lebih 200 khabar  baik bertebaran di dunia maya, apalagi jika anda ajak murid menulis tentang sekolah anda dan posting di blog, instagram, youtube dengan judul mencantumkan nama sekolah anda. Wah dahsyat sekali. Orang-orang tentu ingin mengetahuinya.

Blog bisa jadi cara kita memberi manfaat buat alam semesta dengan mengabarkan kebaikan ( walau satu posting ), dan kebaikan kita akan selalu berbalas, tinggal tunggu waktunya saja. Untuk bisa konsisten menulis di blog, rajinlah mengunjugi blog orang lain dan memodifikasi posting yang kita baca denga gaya menulis kita sendiri, di rea industry 4.0 blog bisa untuk personal braning diri kita,jika tulisan kita bermanfaat buat orang lain maka itulah sebaik-baik manusia yaitu bermanfaat bagi orang lain.

Dengan adanya ulasan materi semalam, saya merasa banyak sekali ketinggalan zaman. Harus tetap belajar dan belajar. Saya akui, kalau yang berhubungan dengan dunia maya, saya sangat gaptek. Harapan besar selesai pelatihan ini, saya bisa menjadi salah satu dari bintang-bintang bloger yang bertaburan di dunia maya.

Amiiin.

Solok, 05 Maret 2020

Syafrina, S.Pd.SD

https://bugurusyafrina.blogger.com

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar