Resume 10. Teknik Memasarkan Buku.

 

 



Resuma           :  10

Hari/Tanggal  :  Senin, 26 April 2021

Tema               :  Teknik Memasarkan Buku

Nara Sumber  :  Wijawa Kusumah, M.Pd

Penulis             :  Syafrina

         

            Siang ini yang menjadi Moderator adalah Pak Sucipto Ardi dan Narasumber Om  Wijaya Kusumah, M.Pd.

Sucipto Adi memulai pelatihan, “ Ok, bapak/Ibu sebentar lagi, kita akan masuk kebagian Pelatihan Menulis.Agar lebih fokus terhadap paparan nara sumber, maka pukul 13.00 WIB grup akan ditutup.

Assalamualaikum, selamat siang, dan salam sehat semuanya. Mari kita buka acara ini dengan lafadz: Basmallah.  Bapak/Ibu semua, mari kita ucapkan Alhamdulillah atau bersyukur kepada Tuhan karena kita tetap diberikan kesehatan yang baik. Selain itu, kita juga layak bersyukur karena adanya kesempataan waktu sehingga kita bisa ikuti program Pelatihan Belajar Menulis di hari Senin siang ini, 26 April 2021.

Hari ini, pematerinya adalah Wijaya Kusumah, M.Pd. yang ngetop dikenal sebagai Omjay. Terima kasih ya Om atas kepercayaannya kepada saya untuk gabung ke dalam Tim. Senang dapat membantu kegiatan yang mencerdaskan lagi berfaedah ini.

Seperti apa profil nara sumber hari ini, saya yakin banyak yang mengetahuinya. Banyak guru-guru blogger dan penulis yang tersebar di Indonesia adalah murid beliau, banyak sudah “diracuni” virus menulis oleh Omjay. Kini Omjay sedang dalam proses menyelesaikan kuliah S3. Kandidat Doktor tersemat di namanya.

Selanjutnya, Ijinkan saya untuk menyampaikan susunan acara, sebagai berikut:

1.         Pembukaan

2.         Paparan narasumber (1 jam)

3.         Tanya jawab (1 jam)

4.         Penutup

Ada hal PENTING yang menjadi perhatian: mohon untuk yang bertanya, menuliskan nama dan asal serta kirim pertanyaannya JANGAN diakhir-akhir sesi tanya jawab. Khawatir terlewat untuk dibaca. Yang ingin bertanya silahkan kirimkan ke no saya: 0812 93 72 47 32.

 

Teknik Memasarkan Buku

 

Bagaimana teknik memasarkan buku yang jitu dan banyak dibeli oleh pembaca ? Berikut paparan dari Om Jay 

1.      Untuk bisa memasarkan buku yang bermutu, maka kita harus belajar bagaimana menulis dan menerbitkan buku. Para pakar sudah omjay undang sebagai narasumber di kegiatan belajar menulis. Baik melalui wa group maupun melalui aplikasi zoom.

2.       Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Kita akan menemukan buku itu bagus setelah membaca isinya. Biasanya diiringi dulu dengan iklan atau promosi agar buku yang diterbitkan layak untuk anda miliki.

3.      Saya memulainya dengan mencari editor yang mampu membuat buku yang saya terbitkan menjadi enak dibaca. Semua buku yang saya cetak di penerbit indie selalu ada editornya dan saya tak pernah merangkap menjadi seorang penulis sekaligus editornya. Itulah mengapa isi buku yang saya terbitkan selalu laku di pasaran. Sebab sudah diedit secara profesional oleh para editor yang memang menguasai di bidangnya.

4.      Berbeda bila kita menerbitkan buku di penerbit mayor atau penerbit besar. Semua buku ada editornya sehingga terseleksi dengan baik dan layak untuk dijual atau dipasarkan ke seluruh Indonesia. Bahkan ke manca negara bila bagian marketing nya sudah sampai ke berbagai negara di dunia.

5.      Teknik memasarkan buku ada beberapa cara. Kita bisa mencari informasinya di Mbah Google.com. Tinggal ketik saja, maka anda akan dapatkan segudang informasinya.

6.      Cara yang paling banyak dipakai untuk memasarkan buku adalah menggunakan media digital dan media sosial. Banyak sekali iklan buku baru bertebaran di internet. Ada yang lalu dan ada juga yang kurang laku.

7.      Saya sendiri menggunakan YouTube dan Instagram untuk memasarkan buku buku terbaru saya.

8.      Untuk promosi buku di Instagram saya belajar kepada anak pertama saya intan. Kebetulan anak saya sedang memasarkan produk Al Qur'an yang sangat bagus sekali kertas dan tampilannya. Caranya beriklan sangat cool dan lebih kepada story' telling

9.      Saya juga menggunakan blog sebagai media digital untuk memasarkan buku buku yang saya tulis dan terbitkan.

10.  Semua itu membuat buku buku saya banyak dipesan dan dibeli orang banyak dari seluruh Indonesia. Bahkan ada juga yang pesan bukunya dari Malaysia, Singapura dan Brunei.

11.  Inti dari memasarkan buku adalah adanya kolaborasi. Kita harus bekerjasama dengan orang lain agar buku yang diterbitkan laku di pasaran. Untuk penerbit besar, biasanya mereka memiliki tenaga pemasaran yang banyak. Sehingga serangan darat, laut dan udara dapat dengan mudah mereka kuasai. Walaupun saat ini jumlah pemasaran bukunya agak berkurang akibat pandemi covid19.

12.  Bagi kita para penulis pemula tentu saja ingin bukunya laku dan dibeli oleh banyak orang. Oleh karena itu, kolaborasi adalah kunci agar buku kita bisa dipasarkan di belantara dunia Maya yang selalu non stop 24 jam.

13.  Saya menggunakan media sosial untuk memasarkan buku buku yang saya tuliskan dan bekerjasama dengan kawan kawan lainnya dalam memasarkan buku. Setiap buku akan menemui takdirnya. Namun itu semua harus diiringi dengan usaha yang terus menerus dan tidak mudah putus asa

14.  Berkali kita gagal lekas bangkit dan cari akal. Berkali kita jatuh lekas berdiri dan jangan mengeluh. Itulah yang saya lakukan ketika mengalami beberapa kali gagal dalam memasarkan buku terbaru saya. Pada akhirnya saya menemukan hal hal baru yang membuat saya mencari momentum untuk menerbitkan buku terbaru saya.

15.  Saya belajar dari almarhum Hernowo Hasim. Beliau sangat produktif sekali menulis. Namun dari ratusan bukunya, hanya sedikit yang menjadi buku best seller. Salah satunya adalah andaikan buku sepotong pizza.

16.  Harus diakui, buku yang diterbitkan oleh penerbit mayor lebih banyak pembelinya. Mereka selain punya tenaga pemasaran yang berpengalaman, juga memiliki media sosial yang bagus. Wajar saja bila buku buku yang diterbitkan selalu banyak pembacanya.

17.  Salah satu Penerbit buku mayor yang selalu melakukan inovasi adalah penerbit Andi Yogyakarta. Saya banyak belajar dari pengalaman para pengelola penerbit ini.

18.  Seharusnya siang ini kita dapatkan ilmunya dari pak Agus. Namun beliau berhalangan karena ada rapat di Yogyakarta. Saya mengambil inisiatif untuk menggantikan beliau setelah saya menghubungi narasumber lainnya tidak ada yang bisa.

19.  Hal yang saya suka dari penerbit Andi Yogyakarta adalah seringnya melakukan acara webinar dan bersertifikat. Anda bisa belajar dari Chanel youtubenya di tv Andi.

20.  Buku kawan kawan belajar menulis PGRI banyak dipasarkan dengan cara ini. Itulah mengapa kolaborasi itu penting agar buku yang diterbitkan laku dipasaran. Kita sebagai penulis jangan juga hanya diam saja. Penulis harus ikut memasarkan bukunya. Dengan begitu bukunya akan laku dan banyak dibeli orang banyak.

21.  Kalau sudah seperti itu, jangan kaget bila anda menerima royalty buku sampai ratusan juta rupiah karena adanya kolaborasi.

22.  Bagi saya yang sudah menikmati royalty buku dari penerbit mayor maupun penerbit indie, saya akan selalu melakukan inovasi. Sebab inovasi yang tiada henti akan membuat buku buku yang kita tuliskan sampai ke tangan pembaca.

23.  Jangan lupa silahturahmi. Sebab silahturahmi atau silahturahim juga sangat membantu kita dalam memasarkan buku. Pada akhirnya teknik memasarkan buku akan kita temui dari adanya silahturahmi ini. Kekuatan silahturahmi ini dahsyat. Akan banyak rezeki yang akan mengikutinya.

Dapatkan buku-buku terbaru Om Jay di http://wijayalabs.com

Belilah buku-buku Om Jay, karena semua ilmunya ada di sana. Jangan pelit beli buku. sebab buku adalah investasi yang paling berhargadari seorang penulis.

Itulah materi Teknik Memasarkan buku yang baru saja yang omjay sampaikan. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Tanya jawah. Terima kasih Om Jay. Mudah-mudahan buku saya bisa laris manis dimasa yang akan datang..

Amin…

Solok, 26 April 2021

https://bugurusyafrina.blogger.com

 

 

 

 

Posting Komentar

9 Komentar

  1. Resume ini akan menjadi lebih hidup bila ada link YouTube yang omjay bagikan di wa group dan juga foto buku buku Omjay. Soga bisa diedit dan diperbaiki. Terima kasih sudah membuat resume kuliah ini dengan baik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Galerinya bermasalah tasi om..nggak mau dibuka ...

      Hapus
  2. Komplit Bu resumenya, keren 👍

    BalasHapus
  3. Wah, tulisannya lengkap, Bu. Tampilan blognya juga menarik. Saya mau dong diajari mengatur tampilan blog, Bu!

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak