Resume 2. Ide Menulis Bagi guru.




Ide Menulis Bagi Guru.


Hari / Tanggal             :  Rabu / 9 April 2021

Resume Ke                  :  2

Tema                           : Ide Menulis Oleh Guru

Narasumber                 :  Wijaya Kusumah, M.Pd

Gelombang                  :  18

 Penulis                        :  Syafrina, S.Pd.SD 

            Sebelum Magrib saya sudah stanby di depan laptop sambil menunggu jadwal shalat.  Sebelum dan sesudah shalat, dengan semangat saya menjelajah, mengunjugi rumah Bapak/Ibu/Teman se tanah air yang saya ketahui alamatnya. Tapi malang seribu malang, penjelajahan saya terhenti ketika Pak Bambang Purwanto baru saja memulai pelatihan. Tanpa saya sadari koneksi saya terhenti. Saya menelpon pihak jaringan. Namun masalah saya tidak teratasi.

            Saya izin tidak masuk sekolah karena disuruh istirahat oleh dokter pasca vaksin. Pukul 09.50 ini koneksi nyambung kembali. Saya buka WhatApp dan dan Blogger. Berkunjung ke rumah teman-teman. Saya lanjut membuat resume kegiatan tadi malam. Saya gulir materi di WhatsApp satu persatu. Saya copas ke Mokrosoft Word.

 

Sebelum sesi materi, Mr. Bams menyampaikan 4 hal yang harus diperhatikan oleh para peserta yaitu:

 

1. Aktifitas Harian Peserta

 



2. Form Pengumpulan Resume

 



 3. Keterangan Dalam Resume


 

4. Hasil Pengumpulan Resume



Pertemuan kedua ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu

1.      Sesi materi ( dari pukul 19.00 hingga 20.00)

2.      Sesi tanya jawab.

          

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam guru hebat Indonesia. Selamat berjumpa kembali dengan Omjay guru blogger Indonesia. Malam ini saya diminta untuk memberikan materi pentingnya ide menulis bagi seorang guru. Sebenarnya ide menulis bertebaran di depan mata kita. Namun terkadang kita belum siap menuliskannya. Hal itu disebabkan karena kita belum terbiasa menulis.

Sumber ide yang paling enak ditulis adalah diri kita sendiri dan orang lain. Tapi bisa juga yang ada di depan mata kita.

1.       1.     Contoh yang paling mudah adalah menceritakan diri sendiri dalam bentuk tulisan.

Misalnya saya bercerita tentang kegiatan hari ini dari bangun tidur sampai tertidur lagi. Biasanya kita akan lancar menuliskannya. Kita menulis dari sesuatu yang dianggap tidak penting menjadi penting.

Misalnya saya bercerita tentang kegiatan hari ini dari bangun tidur sampai tertidur lagi. Biasanya kita akan lancar menuliskannya. Kita menulis dari sesuatu yang dianggap tidak penting menjadi penting.

Banyak cerita dan berita kita sampaikan. Dari mulai status di wa sampai media sosial yang kita ikuti. Pada akhirnya orang lain menjadi tahu apa yang kita alami.

Saya biasa menuliskannya di http://kompasiana.com/wijayalabs

Saya jarang menulis di blog sendiri. Padahal blog http://wijayalabs.com banyak sekali pengunjungnya setiap hari.

Saya baru menulis lagi di blog sendiri ketika HP jadul saya dijambret orang di depan rumah. https://wijayalabs.com/2021/03/25/ketika-hp-jadul-omjay-dijambret-penjahat/

Contoh lain ada di :

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/gulai -patai-patai-dan-pucuak-ubi-jirai.html

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/saya-sudahvaksin-pertama.html

 

 

2.       2.  Ide menulis juga bisa dari orang lain. Misalnya dari kepala sekolah, rekan guru, sampai peserta didik. Semua bisa ditulis kalau kita peka dengan keadaan sekitar kita

Contohnya saya cerita tentang kepala sekolah kami yang bagus sekali cara memimpin sekolah. Saya dibuat kagum dengan caranya memimpin. Sifat ke nabian ada dalam dirinya. Sidiq, tabligh, amanah dan Fathonah. Kami sangat menyayanginya. Beliau tidak pernah pilih kasih dan selalu bertanya kepada kami bila ada di antara kami yang mengalami kesulitan. Pokoknya pemimpin yang melayani. Tidak sombong dan suka menolong. Orangnya sangat rendah hati dan mau mendengarkan. Pemimpin yang mau mendengarkan sangat jarang saat ini.

Contoh lainnya adalah kita bisa menulis teman sekantor atau satu sekolah. Kita bisa menceritakan kebaikan mereka. Tutupi kekurangannya. Dengan begitu kita pun akan tertipu kekurangan diri sendiri.

            Contoh lain juga bisa dilihat di  :

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/pujilah-dengan-lantang-salahkan-dengan lembut.html

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/jaga-sekolah-honorer-yang-berjasa.html

-           

-          https://wijayalabs.com/tag/ukim-komarudin/

Kekaguman saya pada teman sekerja membuat saya akhirnya menuliskannya. Pak Ukim Komarudin adalah guru saya dalam menulis.

3.      Contoh yang ketiga agar ide menulis datang kepada kita adalah dari peserta didik. Dari siswa di SMP labschool Jakarta itulah lahir tulisan tulisan saya di berbagai blog yang saya kelol.

Dari siswa banyak sekali yang bisa ditulis. Seperti tulisan ibu Safrina yang menulis kisah anak didiknya yg tidak bisa sekolah karena ketiadaan biaya. Kemudian doanya terkabul dan jadilah tulisannya yang enak dibaca.

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/doaku-terkabul..html

 

Anda wajib mengunjungi blognya yang keren itu. Banyak kisah inspiratif beliau tuliskan. Semoga kita bisa kopdar lagi di Talang Babungo Solok Sumatera Barat.

 

bagi penanya silahkan bisa chat sekarang ke WA 088809405468

4.      Contoh yg keempat adalah dari tetangga dekat kita. Kita bisa menulis kisah mereka. Tentu saja yang baik baiknya saja. Seperti kisah saya pada hari ini. Tetangga saya yang baik hati meninggal dunia. Saya menuliskannya di kompasiana.com/wijayalabs

Contoh  : 

-        "Kematian" https://www.kompasiana.com/wijayalabs/606cf73cd541df5259613923/kematian.

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/selamat-jalan-andeh..html

 

5.      Contoh yg kelima adalah ide menulis yang berasal dari keluarga.

Sudah seminggu ini saya ditinggal istri pergi. Bukan karena istri marah atau saya membuat ulah. Tapi istri pergi karena mengawasi tukang yang sedang merenovasi rumah mungil kami di kota Bandung. Rencana bila pensiun tiba, kami akan menghabiskan hari tua di kota kembang ini. Sebab rumah kami di Bekasi seringkali kebanjiran. Kami harus hijrah untuk hari depan yang lebih baik.

Contoh lain  : 

-          https://bugurusyafrina.blogspot.com/2021/04/sendiri..html

 Begitulah contoh contoh yang bisa omjay sampaikan. Kita langsung saja tanya jawab.”

 

Ada 18 pertanyaan yang muncul dan dijawab oleh Om Jai. Namun saya menyimpulkan, kalau ingin menulis, banyaklah membaca. Dari membaca, kita akan banyak mendapat ide. Kita bisa memahami bagaimana cara menulis yang benar, tulisan supaya enak dibaca.

Ada penulis yang sudah senior tapi ketika kita membaca tulisannya baru separo, kita sudah bosan. Malas melanjutkan membaca  lagi.


Solok, 11 April 2021

Syafrina, S.Pd. SD

https://syafrina.bloger.com

Gelombang 18

Salam blogger persahabatan..

Tanggal Pertemuan: 7 April 2021
Resume ke: 2

Tema: Ide Menulis Bagi Guru
Narasumber: Pak Wijaya Kusumah (Om Jay)

 

Posting Komentar

3 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak