Wasiat Ibu Kucing Kepada Anaknya





 

Wasiat Ibu Kucing Kepada Anaknya.

Karya. : Syafrina, S.Pd.SD

           
Seekor kucing sedang bermain dengan anak-anakknya. Bercanda, berpelukan, kejar-kejaran dan berebut makanan. Anak kucing selalu mendapatkan kasih sayang dari induknya.
Saban hari Sang Induk membawa makanan kepada anaknya.

            Namun ketika anaknya mulai belajar mencari makan sendiri, mencari mangsa sendiri.
Induk kucing berwasiat kepada anaknya. Dia berkata :
            "Nak,  tikus satu ekor jangan kamu habiskan."

            Tak lama kemudian induk kucing meninggal dunia, menyisakan isak tangis bagi anak-anaknya. Mereka merasa sangat sedih kehilangan yang tersayang.

            Anak kucing menyampaikan wasiat ibunya  kepada teman-teman dan anak cucu mereka. Hal itu membudaya secara turun temurun, bahkan sampai sekarang.

            Wasiat sang ibu, membuat anak cucu kucing menafsirkan dengan cara berbeda.

           
            Kucing jantan menafsirkan wasiat tersebut mengatakan bahwa jika hanya mendapatkan mangsa  satu ekor tikus, maka  jangan dihabiskan semua. Tinggalkan sedikit, andai ada yang membutuhkannya.

            Kucing jantan itu selalu menyisakan makanannya, dia tidak mau menghabiskan tikus yang satu ekor itu tetapi, meninggalkan sedikit bagian tubuh tikus mangsanya.

            Jika tidak ada yang memakan sisa tersebut, maka akan membusuk sehingga pemilik kucing menjadi kesal sendiri.

Sedangkan kucing betina menafsirkan bahwa, tikus jika sudah tinggal satu ekor tidak boleh ditangkap lagi, harus dilepaskan.

 Kalau tikus yang satu ekor itu ditangkap dan dimakan, tentu saja tidak akan ada tikus baru, Tikus akan punah. Kepunahan tikus  akan menyebabkan kucing tidak dapat memakan tikus lagi. Akibatnya kucing akan kelaparan.

 

 Itulah wasiat sang ibu yang diterima oleh kucing,  baik kucing jantan maupun kucing betina dan sampai sekarang kita melihat kucing jantan itu kalau makan selalu ada sisanya sedangkan Kucing betina jika menangkap tikus yang tinggal 1 ekor dia tidak mau menangkapnya tapi hanya main-mainkan saja.

Kemudian tikus tersebut akan dilepaskan sehingga tikus yang masih tersisa itu  dapat berkembangbiak kembali. Kucing tidak akan pernah kekurangan makanan karena kucing tersebut selalu menyisakan makanannya

Itulah wasiat dari sang Ibu kucing pada anak kucing.

 

Solok, 29 Maret 2021

SYAFRINA, S.Pd.SD

https://BuGuruSyafrina.blogspot.com


Posting Komentar

1 Komentar

Berkomentarlah dengan bijak