Resume Gel 4.6 Duta Rumah Belajar Nasional Kemendikbud

 

Tugas 6

10 Maret 2020

Gelombang 4

Narasumber Iriany, S.Pd.,M.Pd

 

Duta Rumah Belajar Nasional  Kemendikbud

Ibu Iriany adalah duta Rumah Belajar Maluku Utara 2018. Beliau lulusan Megister dalam bidang pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Indonesia. Awal cerita Bu Iriany menjadi Duta Rumah Belajar sebenarnya tidaklah disengaja. Bu Iriany bertugas sebagai guru kimia di SMAN 2 Kota Ternate. Bu Iriany salah satu guru hebat di Indonesia, hal ini terbukti dengan banyaknya hasil penelitian dan penghargaan yang diterima oleh beliau.

            Maluku Utara adalah pengguna Rumah Belajar yang paling sedikit tahun 2017-2018. Karena kurang sosialisasi tentang Rumah Belajar. Disamping itu kurangnya akses jaringan internet merupakan kendala utama bagi guru di Maluku. Tugas sebagai duta Rumah Belajar adalah sebagai mitra Pusdatin (dulu Pustekkom) dalam melakukan pengembangan dan pendaya gunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masing-masingprovinsi terutama  Portal Rumah Belajar maka Bu Iriany mulai menggiatkan Rumah Belajar provinsi. Kemudian beliau bersama guru uyang lain di Maluku memadukan dengan ide kreatif lain misalkan model pembelajaran, media atau membuat konten video yang sampai viral.

            Bu Iriany merasa terpanggil untuk membangun pendidikan di Maluku utara terutama bagi guru yang mengajar di wilayah 3T. biasanya di Indonesia ini rangking pendidikan hanya berada dibawah Pulau Jawa dan Sumatera, sebagian di Sulawesi dan sangat sedikit di wilayah timur Papua, Maluku dan Maluku Utara. Dari jumlah peserta pembaTIK tahun 2019 (Pembelajaran Berbasis TIK) yang diikuti guru, Maluku Utara berada pada posisi 35 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Sebagian besar guru di Maluku Utara masih belajar menggunakan TIK dan belum sampai tahappemanfaatan TIK. Kendala utama yang menyebabkan hal tersebut adalah  :

1.      Motivasi guru yang sulit move on dari kebiasaan lamanya.

2.      Jaringan internet dan listrik yang gak ada atau belum lengkap

3.      Pelatihan guru untuk bidang TIK masih kurang merata dan jaran

Alhamdulillah dengan rumah Belajar sangat membantu para guru dan siswa untuk mulai literate  terhadap TIK dalam pembelajaran di kelasnya. Singkat cerita dari beliau yaitu dari peringkat 35 , Alhamdulillah beliau bisa membantu memfasilitasi belajar para guru di daerah 3T dan kota di provinsi sebanyak 1866 orang dan itu tanpa bantuan anggaran dari pemerintah alias Free. Dan Alhamdulillah berkat kerja ikhlas tersebut bu Iriany terpilih bersama duta Rumah Belajar terkreatif Jawa Tengah untuk mewakili Indonesia ke Australia 2019 kemarin.

      Jadi ada satu hikmah perjalanan yang beliau dapatkan yaitu jika kita bekerja dengan ikhlas maka Allah Tuhan yang Maha Adil akan selalu berada bersama kita. Setiap kebaikan akan dibalas kebaikan dan semua keburukan akan dibalas sesuai amalan kita.

Labuah Panjang, Solok. 11 Maret 2020

 

SYAFRINA

https://bugurusyafrina.blogger.com

 

Posting Komentar

0 Komentar