Resume Gel 4.7 Menulis Kisah Perjalanan atau Traveling

 

tugas 7

13 Maret 2020

Menulis Kisah Perjalanan atau Traveling

Nara Sumber :  Taufik Hidayat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Malam ini Bapak Taufik Hidayat akan berbagi pengalamannya tentang menulis kisah perjalanan atau traveling. Beliau berprofesi sebagai dosen dan memiliki hobi traveling dan memiliki beberapa blog. Beliau semangat menulis buku, dari beberapa perjalanan yang beliau lakukan. Selain itu bapak Taufik Hidayat jiga menulis di berbagai majalah.

Beberapa buku karangan dari Bapak Taufik Hidayat yaitu  :

1.      Mengembara ke masjid-masjid di pelosok dunia

2.      Dinamika timur tengah kontemporer

Menurut Bapak Taufik Hidayat, beliau menulis dengan observasi, melihat, mengamati dan kemudian sedikit menganalisa sambil mencoba mencari informasi lebih dalam tentang tempat yang beliau kunjungi melalui wawancara atau juga brosur atau papan informasi.

Menulis traveling tidak sulit karena kita coba dari keunikan dan ciri khas dari tempat yang kita kunjungi. Selain itu kita coba juga sedikit mempelajari sejarah dan bahkan latar belakang budaya serta situasi latar belakang politik kota atau negara yang kita kunjungi. Sedikit pengetahuan tentang bahasa local juga akan memperkaya tulisan kita.

            Selanjutnya Pak Taufik akan menceritakan kisah perjalanannya. Seperti waktu beliau berada di Belarus. Detengah musim salju  dengan suhu minus 16. Beliau bertemu sebuah masjid yang megah dan berkenalan dengan muslim lokal yang berada di Aljazair. Dalam perjalanan tersebut beliau  banyak mengenal budaya setempat sejarah dan juga persahabatan dan persaudaraan. Selain itu beliau bisa berbahasa Rusia.

            Salah satu cara dan teknik menulis adalah judul yang menarik. Malam ini Pak Taufik akan menceritakan pengalaman perjalanannya ke Negara exs-soviet. Teknik memberi judul dengan nama yang sudah kita kenal. Misalnya jalan utama di kota Tblisi yaitu Rusvatelli Avenue kita juluki Malioboro. Tblisi yauti ibukota Georgia Negara eks societ di Kaukakus. Disana ada masjid di mana Sunni dan Syiah shalah bareng. Di sana ada bridge of peace di atas sungai Kura yang indah. Abjad Georgia indah bagaikan abjad Jawa.

            Tempat makam juga menjadi tempat wisata. Jarang yang tahu kalau lapangan merah di Moskow adalah sebuah necropolis alias pemakaman. Ditemboknya dimakamkan tokoh besar seperti Yuri Gagarin bahkan ada stalin dan president soviet. Juga mausoleum lenin, bahkan ada orang Amerika yang jadi pahlawan soviet komunis. Tentu untuk pergi ke sana membutuhkan waktu. Dalam perjlanan mata kita akan lebih mengenal dunia dan budaya lain.

            Beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menulis kisah traveling yaitu  :

1.      Kita harus rajin mengamati apa yang menarik yang akan ditulis.

2.      Kita photo tempat yang diamati, biarkan gambar yang bercerita.

3.      Kemudian kit a terjemahkan denga kata-kata kaya makna.

4.      Ceritakan bentuk bangunannya maaupun kehidupan masyarakatnya.

Satu hal yang penting bagi kita yang mau menullis yaitu kalau kita traveling mengalir saja. Hidup kita sendiri sesungguhnya suatu perjalanan yang penuh kejutan dan nikmat. Karena itu nikmati saja segala kejutan dan bacalah dunia dengan mata hati dan jiwa. I sana terlukis dengan bahasa visual yang universal keindahan dunia dengan segala miteri dan pesan yang penuh makna. Kita dapat menulis cerita pengalaman sedetail mungkin dengan cara foto dan ingatan, catat dn observasi, dan pengetahuan bahasa.

 Jadi kesimpulannya adalah menulis khususnya traveling itu mudah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini  :

1.      Tulis saja apa yang kita lihat.

2.      Kembangkan dengan cakrawala social budaya dan unsur lain yang menarik.

3.      Kalau berbentuk artikel usahakan judul yang menarik.

4.      Be yourself, mulailah menulis sekarang.

Labuah Panjang, Solok,  14 Maret 2020

 

SYAFRINA

 

https://bugurusyafrina.blogger.com

 



 

Posting Komentar

0 Komentar